[REVIEW] Kerbangkitan PSO2 dari kematian

Image result for pso 2 logo



PSO2 adalah game Free-to-play alias gratis, JRPG buatan SEGA yang sangat popular sehingga banyak yang menunggu rilis ke global server. Game ini masih tersedia khusus untuk jepang, sehingga player diluar jepang kesulitan untuk bermain game tersebut. Akan tetapi, suidah ada layanan aplikasi yang dapat kita bermain PSO2 bahkan diluar jepang dengan menggunakan proxy (jika kena ip ban) dan patch translate inggris.


               Game ini sangat seru, namun dari keseruan tersebut terdapat kekurangan yang cukup fatal pada beberapa tahun lalu, yaitu pada saat rilisnya episode 4 (story arc PSO2 yang keempat). Jalan cerita dari main storynya itu sudah mulai aneh, mulai dari kita mengunjungi istilahnya dunia player (Player yang memainkan PSO2, bukan chara2 yang dari game. Weird flex but ok.), hingga mulai munculnya adegan2 yang membuat rishi seperti BASIC ANIME MOMENT. Ew. Saat itu mulailah turun reputasi PSO2 dan server mulai sepi dari blok ke blok. Saat EPS5 keluar, mulai keluar hype yang cukup wow, dengan keluarnya successor class, Class(istilahny job lah) yang overpower pada masa itu. Untuk mendapatkanny cukup susah dulu (skarang mudah, damn you SEGA), yaitu harus max lvl 75 ke-3 type class, yaitu magic, range, dan strength. Pada saat itulkah mulai ramai diperbincangkan kembali, namun sudah, sebentar saja.
               Tahun 2018 adalah mulai bangkit kembali game PSO2, pada saat collab dengan teman seperjalannya, Monster Hunter Frontier Z. Saat berita tersebut keluar, everyone hyped as hell. Player lama mulai balik kembali dan server tiba2 penuh setelah 2-3thn sepi. Kemudian setelah itu dan seterusnya, SEGA dan producer PSO2 mulai mengetahui kekurangannya dan membuat berbagai event baru yang tidak membosankan. Alhasil, Game PSO2 masih jaya hingga sekarang yang sudah menyentuh 7 tahun online.

               2019 sudah mau berakhir dengan PSO2 membuat collab dengan Evangelion yang cukup menarik, namun terlalu repetitive sehingga cepat bosan. Inti dari yang dibicarakan adalah berkembangnya PSO2 membuktikan bahwa sebuah game akan tetap selalu Rise from the dead kalau Producer game tersebut dapat memikirkan sebuah ide yang menjadi Game changer. Tahun 2020 tepatnya musim semi adalah waktunya player global dapat memainkan PSO2 juga di console mereka masing - masing. Semoga dengan rilisnya ke global setelah ditunggu 7 tahun dapat menaikkan rating game ini dan dapat dikenal ke semua gamer disana, terutama sepuh phantasy star games.

Komentar

Postingan Populer